Monday, November 5, 2012

Aksi Untuk Indonesiaku : Yang Muda Harus Bebenah

Aksi untuk Indonesiaku versi saya ialah yang mudah harus bebenah. Dimana aksi untuk Indonesia ini sering kali diabaikan oleh mereka, anak muda.


Kalimat diatas terinspirasi dari anak muda jaman sekarang yang notabene sering melakukan tindakan diluar batas seperti memakai obat - obatan terlarang, merampok, meminum minuman keras, atau meminta secara paksa. Dan hal negatif yang patut diperhatikan adalah pencabulan dan tawuran yang hampir tiap hari terjadi.

Jika kita berfikir secara logika, sebenarnya banyak hal positif dan mudah yang dapat kita lakukan sebagai aksi untuk Indonesia. Misalnya saja, belajar dengan sungguh - sungguh, patuh terhadap orang tua, atau beribadah sesuai dengan keyakinan masing - masing. Namun, peran orang tua harus tetap berjalan dalam hal ini.

Nah, dalam postingan aksi untuk Indonesia versi saya ini. Saya akan mencoba memberikan beberapa contoh untuk kalian wahai anak muda, agar kalian bisa bebenah diri dan siap menjadi manusia yang berani menghadapi hidup dengan kedisiplinan dan dilandasi oleh fikiran yang jernih. Adapun contoh positif agar kalian bisa bebenah diri, dapat kalian lihat dibawah ini.



1. Patuh terhadap orang tua

Hal ini sekilas memang sangat mudah untuk kita lakukan. Namun faktanya, tak banyak orang terlebih Anda anak muda yang bisa menerapkan kegiatan ini setiap harinya. Padahal, tindakan diatas sangat berkaitan dengan apa yang kita lakukan. Karena diri kita bukanlah apa - apa, tanpa adanya dukungan dari orang tua.

2. Beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Bagi sebagian anak muda, kemungkinan besar contoh ini sering terlupakan atau malah diabaikan begitu saja. Tak hanya anak muda saja, orang dewasa termasuk saya pun sering kali mengabaikan seruan Allah untuk menjalankan ibadah kepada-Nya sebagai wujud syukur kita. Padahal, Tuhan hanya meminta kita untuk melakukannya 5 kali 5 menit saja dalam sehari, tapi tetap saja masih banyak orang yang belum sanggup menjalankannya. Inilah salah satu cerminan sebagai Aksi Untuk Indonesia bagi anak muda yang ingin bebenah menjadi yang lebih baik lagi.

3. Menghargai sesama teman

Nah, hal ini harus kalian perhatikan ya. Karena dengan adanya sikap menghargai sesama teman, kalian bisa terhindar dari kericuhan antar sekolah (tawuran) yang hanya dipicu oleh kesalah pahaman semata dan saling ejek. Jadi, jika ketiga hal diatas berhasil Anda terapkan, Insha Allah kalian bakal terhindar dari itu semua.

4. Sayangi Nyawa Anda

Ingat lagu Wali - Tobat Maksiat?. Dimana pada liriknya berbunyi "Pandanglah ke sana, lihat yang di sana, mereka yang terbaring di tanah. Bukankah mereka pernah hidup juga kita pun kan menyusul mereka." Nah, bagaimana jika giliran Anda yang tebaring ditanah dan dibungkus kain kafan?.

Dengan ikut - ikutan tawuran, balapan liar, atau kebut - kebutan dijalan, kalian tidak akan jadi apa - apa. Toh, kalian juga tidak akan dibilang hebat oleh orang tua kalian, dimarahin malah iya. Bener gak?. Jadi, sayangilah nyawa Anda sebelum Anda kehilangannya. Sebab, jika nyawa tersebut hilang, maka kalian tidak lagi bisa beraksi untuk Indonesia tercinta ini.

5. Berfikir logika bukan khayalan.

Nah untuk yang satu ini nih, memang anak - anak muda yang masih "seumur jagung"  terutama wanita sering kali berkhayal. Contohnya seperti ini "Kalo pacar gw banyak, gw bisa morotin sana - sini dong". Hellllooooo, sadar dong..

Coba fikirkan secara logis (kenyataan), jikalau teman pria anda banyak, sama saja Anda seorang provokator yang siap mengadu domba para pria. Bayangkan bila sedang asik jalan dengan kekasih lain, tiba - tiba kamu bertemu dengan pacar kamu yang satu lagi?. Bakal jadi rusuh kan?.!! Masih bilang enggak?. Buktiin aja sendiri.

Sebaliknya, kamu (wanita) berfikir bisa morotin sana - sini. Iya sih memang, tapi kalo cowoknya bodoh ya. Tapi disisi lain, kamu sadar gak sih?. Setelah kamu morotin uang tuh cowok, giliran kamu yang di porotin *****-nya. Hehe maaf sensor. Jadi gak bakal ada untungnya bagi kamu, malah badan kamu sendiri yang hancur akibat plorot sana plorot sini.

Nah seruan untuk para pria jika bertemu lawan jenis seperti itu, mendingan buang jauh - jauh deh harapan kalian untuk menjadikan ia jodoh yang tepat bagi Anda. Bisa - bisa mati berdiri dibuatnya sob. Masih banyak hal positif lain yang harus kalian fikirkan ketimbang PACARAN.

6. Berprestasi dalam sekolah, kantor, dsb

Aksi untuk Indonesia bukan hanya melakukan kegiatan seperti menanam seribu pohon, penghijauan, atau buang mantan sampah pada tempatnya. Melainkan, berprestasi dalam sekolah, kantor dan lainnya pun merupakan salah satu cara untuk memajukan negara kita.

Dengan berprestasi, kita bisa tunjukan kepada dunia bahwasannya orang Indonesia mampu bersaing secara riil dengan bangsa lain. Dan menyadarkan mereka bahwa kita ada bukan untuk dijajah.

Nah itulah 6 seruan versi saya untuk memajukan negara Indonesia. Sebenarnya masih banyak aksi - aksi untuk Indonesia lain yang ingin saya sampaikan kepada Anda. Akan tetapi, waktulah yang memisahkan obrolan seru kita kali ini. Namun, jika ada waktu senggang berikutnya, saya akan kembali berbagi cerita dan melakukan AKSI UNTUK INDONESIA.




1 comments:

Yoseph Januardi said...

Menarik juga apa yang Anda berikan.
Semoga ini bisa menjadi panutan bagi anak muda semuanya.

Post a Comment

 
Design by Yudza Nyud | Bloggerized by yudzaNyudzer - Android Phone Themes | Yosef Enda